Halaman

Rabu, 14 Maret 2012

Atap Rumah


     Nikmatilah hidup dengan memanfaatkan atap tempat tinggal, baik bagi yang tidak memiliki rumah bertingkat, ataupun apartemen. Bagi yang belum memiliki rumah pribadi, atau yang akan membuat rumah bisa menjadikan hal ini sebagai inspirasi anda. Kebanyakan orang menyepelekan fungsi atap rumah, atau terlalu berbahaya bila memanjatnya, dibalik semua itu banyak yang memanfaatkan atap rumah sebagai tempat melepas jenuh, maupun kegiatan lainnya.

     Atap rumah memiliki kelebihan dibandingkan bagian rumah yang lain, di atap kita bisa melihat panorama dan menenangkan pikiran kita, bahkan melakukan aktifitas seperti bermain layang-layang, menangkap gambar pemandangan sekitar dengan kamera, mengamati planet dan komet dengan teropong bintang, atau sekedar mengamati awan-awan yang mengambang, jadi tergantung apakah mau memanfaatkannya atau tidak.

     Atap rumah bisa berupa tempat tertutup atau tempat terbuka, dimana pada tempat tertutup, terdapat ruang yang berlebih akibat jarak antara atap dengan bagian atas ruangan, yang dinamakan loteng. Loteng bisa dimanfaatkan menjadi dua yaitu sebagai gudang, ataupun kamar. Perlu diingat, apabila kita mau menambahkan atau membawa barang pertimbangkan kekuatan lantai yang jadi pijakan, supaya aman. Pada gudang loteng bisa diisi barang yang tak terpakai atau koleksi pribadi, karena merupakan tempat yang paling jarang digunakan. Sedangkan pada kamar loteng, bisa berfungsi sebagai ruang kerja, belajar, ibadah, bersantai, atau untuk kamar anak-anak. Yang terpenting pada loteng adalah pengaturan ventilasi dan pencahayaan, dimana dengan mengatur ventilasi, udara dapat mengalir dengan sempurna sehingga ruangan tidak pengap, dan darimana posisi arah datangnya cahaya, sehingga suhu ruangan tidak terlalu panas, dan mampu mencegah penyakit, hal ini dipengaruhi dari posisi jendela pada loteng. Pada atap terbuka, terdapat tempat khusus yang terbuka (lebih luas dari beranda) sehingga kita bisa melihat kondisi luar rumah secara langsung, tidak melalui media kaca ataupun jendela. Disini kita bisa melakukan berbagai kegiatan seperti saat berada diluar rumah, baik itu hobi, olah raga, bermain, makan, tidur, maupun belajar.

     Bagi yang tidak memiliki kedua jenis atap ini, bisa juga nekat menaiki tangga ataupun media lain dan bersantai atau bermain diatas genteng, genteng pun bisa dimodifikasi dengan menggantinya dengan rumput, ataupun solar cell, bagi yang tinggal di apartemen bisa melihat-lihat di atas gedung. Perlu diingat kalau mau menaiki genteng jangan lupa mempertimbangkan berat badan dan kondisi cuaca serta bahan genteng itu sendiri. Banyak cara menikmati keindahan tempat tinggal, dan hal ini meningkatkan daya kreativitas kita. Bagi yang memiliki tempat tinggal dengan jangkauan pandangan luas, atau tidak terhalang objek lain, bisa menikmati pemandangan alam, atau kota, serta objek-objek yang bertaburan di angkasa yang tak ternilai, apalagi saat pergantian tahun, pasti menyenangkan melihat letusan kembang api bersama teman ataupun keluarga.

     Bagi yang memiliki tanah yang dirasa kurang luas, bisa membangun rumah bertingkat. Berfungsi supaya pembagian kamar lebih banyak tentunya. Apabila dana dirasa tidak mencukupi, manfaatkan saja loteng rumah, supaya bagian utama rumah terasa lebih luas. Lihatlah segala sesuatu itu dari sudut pandang yang baru, kembangkan pula daya imajinasi, pasti hidup menjadi lebih menyenangkan. Tapi jangan lupa tingkatkan keamanan loteng atau atap rumah, biar bisa tenang dan tidak resah bila meninggalkan rumah.
  • Memanfaatkan ruangan pada loteng dapat dilihat disini : 1, 2, 3, 4, 5.
  • Serba serbi tentang atap rumah bisa dapat dilihat disini : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar