Halaman

Rabu, 14 Maret 2012

Demam Berdarah


     Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang mengerikan, betapa tidak? korbannya mulai dari dewasa sampai anak bayi. Demam berdarah disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui  gigitan nyamuk Aedes aegypti, Resiko terjangkit penyakit demam berdarah lebih besar terhadap wanita juga anak-anak usia dibawah 12 tahun, dan efek yang ditimbulkan pada korban demam berdarah bervariasi, terutama akan semakin parah, apabila yang terjangkit adalah orang yang pernah mengalami demam ini. Yang lebih membahayakan dari demam ini adalah gejala yang ditimbulkan memiliki kesamaan dengan gejala jenis demam lainnya, jadi biasanya penderita telat mengetahui, atau kurangnya keinginan untuk menindak lanjuti gejala yang telah dialaminya.

     Sampai sekarang pun masih belum ditemukan penangkal dari virus demam berdarah ini, karena seperti yang telah diketahui virus berubah-ubah menyesuaikan diri dengan pasien yang dihinggapinya. Akan tetapi dapat dicegah dengan berbagai macam cara, antara lain :
  1. Menguras bak mandi dan penampungan air secara rutin atau berkala. Terutama yang berupa air jernih, seperti pada minuman burung, vas bunga, genangan hujan, serta bahan-bahan karet lainnya yang mampu menimbun air.
  2. Memelihara ikan pemakan jentik, atau meggunakan bakteri.
  3. Pengasapan (fogging), membantu membasmi nyamuk dewasa, dan menggunakan bubuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk ditempat  penampungan air.
  4. Periksakan segera apabila dirasa mengalami gejala-gejala demam berdarah. 

     Jangan sampai penyakit ini menelan korban lebih banyak lagi, karena keganasannya tidak sedikit terjadi penderita yang meninggal, terutama di kawasan Asia Tenggara. Lembaga kemanusiaan pun tidak henti-hentinya memberikan penyuluhan. Penyakit DBD ini bisa saja menyerang orang-orang yang anda sayangi, maka dari itu sebelum terlambat, penting sekali untuk mempelajari apa sebenarnya DBD itu, bagaimana penyebarannya, serta cara pencegahannya. Dan tindakan apa yang tepat bila menangani penderita penyakit ini, mulai dari gejala dini sampai ketika sudah dalam kondisi yang amat parah. Selamatkan diri anda dan orang-orang yang anda cintai, karena penyakit ini tidak hanya berasal dari rumah tempat bernaung, melainkan juga lingkungan tempat tinggal, dan dimanapun saja, baik itu ladang, sawah, kebun, taman, hutan, ataupun gedung-gedung.  

  • Pengetahuan tentang demam berdarah dapat dilihat disini : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7.
  • Gejala demam berdarah dan dibandingkan gejala penyakit yang lain dapat dilihat disini : 1, 2, 3, 4, 5, 6.
  • Pengenalan terhadap demam berdarah dan dapat dilihat disini : 1, 2, 3, 4, 5.
  •  




     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar