Halaman

Kamis, 15 Maret 2012

Martabak Bihun

     Mungkin sebagian yang melihat ini pasti penasaran, apa itu martabak bihun? Bagi yang kenal atau sudah tahu, pasti ingatnya pada jajanan pasar. Ya, benar memang yang itu. Martabak bihun ini makanan ringan yang sangat murah, dan dapat dijumpai mulai dari depan sekolahan, pasar lokal, maupun dijual ditempat tinggal pemiliknya. Selain murah dan terjangkau, serta rasanya yang gurih, bikin yang makan juga jadi kenyang. Biasanya martabak bihun ini dimasak dengan cara digoreng tetapi bisa juga dengan cara yang lainnya. Martabak ini biasanya digoreng dengan lemak sapi, atau lemak hasil endapan kaldu, ada juga yang diberi tambahan campuran lain, Bisa juga disajikan dengan petis atau lombok khusus kudapan.

     Martabak ini seringkali dinamakan orang-orang martabak mie, karena isinya yang bukannya telur dan daging, melainkan mie bihun. Penjual yang sering dijumpai menjual martabak ini adalah ibu-ibu asal madura, yang biasanya dipanggil 'Bok'. Biasanya para Bok ini mengolah martabaknya saat baru dipesan, jadi pembeli bisa lihat langsung proses membuatnya, ya sekalian kalau mau minta ini atau itu, jadi mereka biasanya menyesuaikan sama permintaan pembeli. Maka dari itu seringkali terjadi antrean yang panjang, maklum kalau terlanjur suka, rasanya tidak pas kalau belum makan martabak ini, dan itu terjadi hampir setiap hari, sapalagi pada bulan puasa, sehingga jualan dipastikan selalu habis. Mengapa kok tidak buat banyak sekalian? ya, mungkin karena capek dan panas dekat penggorengan, juga persiapan yang dilakukan penjual martabak ini lumayan berat.

  • Resep martabak bihun bisa kalian dapatkan disini : 1, 2, 3, 4, 5.



1 komentar:

  1. hai... boleh tanya gak, martabak yang atas sendiri itu yang pinggirannya ada telurnya bukan ? kasih resepnya doong....

    deliaeka288@gmail.com

    BalasHapus