Halaman

Jumat, 02 Maret 2012

Minuman menyehatkan


     Susu sapi merupakan minuman yang menyehatkan, walaupun tidak selalu demikian karena banyak dampak lain yang diakibatkan, terutama bagi penderita alegi terhadap minuman ini. Susu sapi yang biasa kita ketahui ada banyak, baik itu yang mentah, masak, olahan, bubuk, atau krim. Tetapi dari banyaknya masalah yang berhubungan dengan susu sapi, pasti banyak yang tahu bahwa susu sapi bubuk itu banyak kontroversinya. Mulai dari masalah kandungan gizinya, sampai penambahan mineral-mineral yang dianggap membahayakan bagi penggunanya, Mengapa perlu ditambahkan mineral dan zat serta vitamin yang tidak seharusnya terkandung dalam susu sapi? Hal itu dikarenakan kebutuhan akan manfaat yang diharapkan saat mengkonsumsi susu sapi tidak sama terhadap tiap-tiap periode umur seseorang, baik itu mulai dari bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa, maupun lansia. Sama juga dengan susu sapi jenis lainnya seperti susu sapi murni, banyak hasil penelitian yang menjelaskan dampak negatif dari susu sapi. 

     Susu sendiri hanya dihasilkan oleh binatang mammalia, dikarenakan untuk membantu memudahkan mencernanya, karena masih belum dapat mencerna makanan padat. Susu adalah minuman yang paling sering dijumpai olahannya, secara garis besar antara lain :
  1. Susu yang dihasilkan dari pengaturan banyak krim yaitu susu skim (susu segar yang tertinggal setelah krim diambil sebagian atau seluruhnya) dan susu krim (susu yang kaya akan lemak yang timbul ke bagian atas dari susu pada waktu didiamkan ataupun dipisahkan dengan sentrifugal).
  2. Susu yang diuapkan terdiri dari susu kental manis yang berbentuk kental dengan penambahan rasa dan aroma, dan susu kental tak manis yang tidak dilakukan penambahan sukrosa.
  3. Susu bubuk atau susu kering dengan mengurangi kadar air.
  4. Susu steril yang telah dipanaskan sampai suhu minimal 100 ºC.
  5. Susu UHT (Ultra High Temperature Milk) drngan suhu minimal 135 ºC.
  6. Es krim.
  7. Keju yang dihasilkan dengan penambahan bahan fermentasi sehingga berbentuk padat.
  8. Mentega.
     Susu sapi memiliki kelebihan banyak sekali dibandingan minuman jenis lain, karena kandungan didalamnya banyak dibutuhkan manusia, dan manfaatnya akan semakin terlihat apabila melakukan konsumsi secara rutin, serta masih banyak kelebihan lain yang mungkin masih belum dapat ditelaah dari susu sapi. Kalau ada yang bilang susu sapi tak layak dikonsumsi manusia, kenapa pemeluk agama hindu memuja sapi? itu jelas karena sapi merupakan perwujudan dari kemakmuran. Bagaimana tidak, dengan megkonsumsi rumput dan jerami yang tidak dapat dikonsumsi manusia, baru bisa dihasilkan susu, daging, dan tenaga untuk mengolah tanah sawah. Segala sesuatu di bumi ini memiliki kelebihan, tinggal darimana kita memandangnya. Bagi suku yang satu hal begini dan begitu benar, bagi suku yang lain belum tentu.


      Kenapa yang dibahas susu sapi bukan yang lain, karena susu sapi memiliki sejarah panjang yang mengiringi hidup manusia. Baik bagi yang mengkonsumsi atau tidak, susu memiliki khasiat yang berbeda-beda, mulai dari mana sumbernya, bagaimana pengolahannya, bahkan dari cara mengkonsumsinya. Susu termasuk kedalam makanan 4 sehat 5 sempurna, jadi pasti merupakan kebutuhan pokok dasar yang dibutuhkan manusia, sampai-sampai ada kata-kata seperti ini "Jika semua orang minum susu setiap hari, maka tidak akan ada perang".


  • Susu sapi dan dampaknya bisa kita dapatkan disini : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7.
  • Susu dan sejarahnya bisa kita dapatkan disini : 1, 2, 3, 4, 5.
  • Susu dan hasil olahannya bisa kita dapatkan disini : 1, 2, 3, 4, 5.
  • Susu dan kelebihannya bisa kita dapatkan disini : 1, 2, 3, 4, 5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar